Thursday, 28 April 2016

Lakukan Ini Agar Sayuran Bertahan Lebih Lama

Potongan salad yang dibeli tidak jarang berubah warna menjadi cokelat dan layu saat tas belanja baru saja dibuka. Sehingga keinginan untuk memiliki salad segar yang siap dimakan menjadi tidak mungkin, begitu juga dengan beberapa sayuran hijau lainnya yang cepat sekali layu dan berubah warna, hal yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan sayuran tersebut dengan benar, berikut adalah tips menyimpan sayuran agar tahan lebih lama:





  • Balutlah sayuran terlebih dahulu dengan tissue atau kain bersih biar kering dan balutkan dengan plastik, tips ini berjalan dengan lancar pada selada dan seledri.

  • Langkah selanjutnya adalah jaga agar sayuran contohnya selada tersebut segar dan kering dengan memasukkan tissue/ paper towel dan melipatnya diatas daun, kemudian jepitkan penutup kantung plastik tersebut dengan erat, dengan begitu sayuran akan tetap segar dan garing selama seminggu bahkan lebih.

  • Pastikan agar paper towelnya tidak terlalu basah, jika basah maka gantilah dengan yang baru.

  • Setelah mengiris tomat atau bawang, letakkan sebuah paper towel yang telah dilipat di bagian pinggir potongan dan balut dengan plastik atau tempatkan dalam kantung sandwich.

  • Tips menyimpan sayuran lainnya adalah sebuah wortel yang segar dan bersih bisa tetap gurih dan segar jika disimpan dalam kantung plastik yang rapat untuk mencegah evaporasi atau kontaminasi dari bakteri lewat udara.

  • Kentang, bawang, jahe dan bawang putih serta kentang manis atau kumara harus disimpan di tempat yang gelap atau dalam sebuah tempat yang tidak tembus cahaya, karena cahaya matahari bisa membuat sayuran-sayuran tersebut mulai tumbuh dan tidak bisa dimakan.

  • Gunakanlah paper towel terutama jika sayuran terlihat kurang bersih. Cucilah sayur sebelum digunakan, disamping itu juga pastikan tempat-tempat penyimpanan sayuran dalam keadaan yang bersih dan dicuci karena sayuran yang bersih dan segar bisa terkontaminasi dari tempat-tempat yang kotor tersebut.

  • Tanaman-tanaman yang berakar seperti wortel mengirimkan energi ke daun mereka bahkan setelah dipanen sekalipun. Maka jagalah semua nutrisi dalam akar dengan menyimpan wortel tanpa daun, potonglah daun-daunnya.

  • Bawang putih bawang merah haruslah disimpan diluar kulkas namun ditempat yang dingin dan gelap.

  • Tomat tidak disimpan di kulkas, namun di tempat penyimpanan biasa, begitu juga dengan sayuran seperti terong yang akan lebih baik jika tidak disimpan di kulkas



Demikianlah info mengenai tips menyimpan sayuran agar tahan lama, semoga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat. Sehingga sayuran yang disimpan menjadi tahan lama dan lebih awet. Disamping sehat hal ini juga akan mengurangi pengeluaran Kamu untuk mengganti sayuran-sayuran yang sudah layu di kulkas atau penyimpanan lainnya. Semoga dengan banyaknya sayuran maka kehidupan akan lebih sehat dan terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker dll.

1 comment: