Friday, 15 April 2016

Tips Merawat Sepeda Mudah dan Murah

Kini semakin banyak orang yang lebih memilih memakai sepeda untuk bisa mengurangi polusi yang semakin meninggi. Terlebih dengan adanya isu global warming kini sudah lebih banyak masyarakat perkotaan yang melirik transportasi sepeda manual. Melihat jumlah penggemar sepeda membuat semua orang memiliki sepeda yang bermacam-macam. Namun, supaya bisa digunakan dan juga aman di jalan pastikan melakukan tips merawat sepeda dengan benar.


Perawatan yang benar akan membuat sepeda tersebut lebih tahan lama sekaligus mencegah kerusakan yang lebih parah. Sehingga lebih hemat selama memiliki dan menggunakannya, dan cara merawat yang bisa diterapkan antara lain:




  1. Memberikan pelumas pada seatpot,


Saat membeli sepeda baru akan menemukan area seatpot yang sudah diberi pelumas dalam jumlah lumayan banyak. Sayangnya sepeda baru ini sering kurang tertutup rapat pada bagian dudukan sehingga menjadi kurang aman.


Cara merawat sepeda supaya tetap aman digunakan adalah dengan mengisi ulang pelumas pada seatpot tersebut. Ada baiknya memilih pelumas yang berkualitas baik sehingga benar-benar memberikan perlindungan yang lebih maksimal. Jika tidak segera diganti dan membiarkan seperti bawaan pabriknya akan membuat dudukan mudah rusak. Jika harus mengganti besi dan dudukannya maka biaya yang ditanggung sudah pasti akan lebih besar. Menghemat biaya perawatan dan menjadikan sepeda senantiasa aman digunakan maka usahakan mengganti pelumas dalam seatpot pada sepeda.




  1. Memberikan perawatan pada headset dengan baik,


Bagian penting yang juga harus diperhatikan adalah merawat kondisi headset dalam kondisi yang baik dan juga bersih. Cek dahulu bagian tersebut pastikan sudah cukup terpasang dengan kencang agar tidak mudah lepas ataupun bergeser. Jika headset dalam kondisi longgar maka akan membahayakan keselamatan pengguna sepeda tersebut. Maka merawat bagian satu ini menjadi bagian penting dalam tips merawat sepeda yang wajib untuk diketahui. Perawatan lain yang bisa dilakukan ialah memberikan pelumas minimal sekali dalam satu tahun.




  1. Memeriksa kondisi stem pada sepeda tidak berderit,


Bagian stem pada sepeda sering kali mudah kotor, jika tidak diperiksa dengan teratur akan terjadi penumpukan kotoran berlebihan. Kotoran ini akan menjadikan sepeda mudah berderit dan suaranya sangat mengganggu indra pendengaran. Jika dibiarkan maka lambat laun akan menjadi rusak dan kurang nyaman saat dikendarai dan ada resiko yang berbahaya menyertainya. Usahakan untuk dicek setidaknya satu kali per tiga atau empat bulan, sehingga bisa dijaga kebersihannya. Stem yang bersih akan membuat sepeda mudah di kayuh sekaligus tidak mengeluarkan suara berisik.




  1. Menjaga ban dalam tetap dalam tekanan normal,


Bagian ban dalam juga membutuhkan perhatian ekstra supaya tidak mudah rusak dan menghemat biaya perawatan. Cara termudah menjaga kualitas ban dalam tetap baik ialah dengan memberikan tekanan yang cukup. Jika kurang nantinya sepeda tidak mudah dalam kondisi seimbang sehingga membuat pengendaranya mengalami kesulitan. Sebaliknya, jika terlalu tinggi maka rentan sobek atau meledak jika berbenturan atau panas karena suhu yang tinggi.




  1. Selalu cek keadaan rem sepeda,


Rem pada sepeda memegang peran yang vital dan memberikan perlindungan kepada siapa saja yang mengayuhnya. Membantu menjaga keselamatan selama berkendara sepeda bisa dilakukan dengan rutin mengecek kondisi rem. Pastikan diberikan amplas sesuai stkamur sehingga bisa lebih mudah melakukan pengereman meski di jalanan yang menurun. Kemudian pastikan juga dalam keadaan bersih supaya rem tidak kehilangan kemampuannya. Melaksanakan semua tips merawat sepeda sudah pasti akan membuatnya semakin tahan lama.

0 comments:

Post a Comment