Tuesday, 10 May 2016

Memilih Bumbu Masak Kemasan yang Aman Dikonsumsi

Masak apa hari ini? Mungkin sebagian dari ibu-ibu lebih senang menggunakan tenaga sendiri untuk siapkan beraneka macam kuliner untuk santapan keluarga, namun juga ada diantaranya yang tak mau ambil repot sehingga lebih senang membeli atau menggunakan jasa asisten rumah tangga. Namun meskipun membeli atau dengan jasa orang lain pastinya banyak diantara Kamu yang bingung dalam siapkan kuliner, kira-kira apa yang akan diolah kali ini, apakah daging, ikan atau yang lainnya. Apalagi bagi kamu yang lebih senang berkutat dengan pekerjaan dapur sendiri tak hanya menentukan tema masakan nantinya masih harus membeli bahan baku dan bumbu masak tersebut.



Tak bisa dipungkiri bahwa sebenarnya kuliner Indonesia banyak sekali ragamnya, mengingat tiap budaya yang ada disini membawa makanan khas mereka masing-masing. Kaya akan kuliner sebenarnya memberikan kamu banyak pilihan menu yang akan disajikan tiap harinya, sehingga yang makan juga tak bosan. Dibandingkan dengan makanan luar sebenarnya makanan khas Indonesia jauh lebih enak, mengingat kita menggunakan berbagai perpaduan bumbu lengkap, belum lagi dengan lidah sendiri yang lebih menerima masakan dalam negeri.



Hal yang sangat mempengaruhi enak tidaknya masakan Kamu adalah kualitas dari bahan juga bumbu yang digunakan. Bahan makanan harus segar jika ingin rasa yang nikmat pada olahan Kamu, utamanya adalah berbagai jenis sayur, ikan juga daging, pilihlah yang benar-benar segar. Tak kalah dengan itu bumbu masak juga harus diperhatikan, berapa takaran penggunaan dan juga kualitas, nah mungkin banyak diantara Kamu sendiri yang lebih senang membeli bumbu jadi, mengingat jauh lebih praktis pengolahannya, namun juga harus diketahui bahwa bumbu yang dijual ini tak begitu baik bagi kesehatan. Apalagi jika sering-sering menggunakan, namun juga tak semua karena ada beberapa pilihan yang aman dikonsumsi, berikut tips pemilihan yang tepat yaitu:





  1. Sebaiknya pilih bumbu jadi yang baru saja dibuat, artinya kamu tau pembuatnya dan membeli secara langsung dibandingkan kemasan yang belum jelas bahannya.

  2. Jika memang terpaksa menggunakan bumbu buatan pabrik alangkah baiknya mengecek kandungan bahan atau komposisi, pastikan bahwa ia tak menggunakan zat pewarna maupun pengawet berbahaya.

  3. Lihat tanggal kadaluarsa, jangan membeli bumbu yang mendekati tanggal kadaluarsa karena biasanya rasa yang ditawarkan sudah berubah.

  4. Perhatikan apakah ada bahan yang membuat Kamu alergi atau tidak.

  5. Perhatikan petunjuk penggunaan agar tak salah pakai.



Namun ternyata juga ada ibu-ibu yang lebih senang membuat bumbu sendiri karena selain tawarkan rasa lebih nikmat juga sehat. Hanya saja terkadang pembelian bahan-bahan bumbu yang banyak membuat beberapa diantara Kamu yang salah menyimpannya juga harus membuang karena sudah mulai membusuk, nah bagi kamu yang mengalami masalah serupa berikut ini ada beberapa tips dalam menyimpan bahan tersebut:





  1. Untuk cabai sebaiknya kamu menyimpan di dalam lemari pendingin atau kulkas, namun tertutup dalam wadah, ini akan membuatnya tetap segar juga tak meninggalkan bau pada bahan pangan lainnya.

  2. Bawang merah dan putih, aneka bahan ini sebaiknya disimpan dalam raung terbuka suhu udara biasa, namun jangan dalam wadah tertutup, biarkan ia tetap terbuka.

  3. Bahan rimpang, baik itu kunyit, jahe, lengkuas dan sejenisnya kamu dapat menyimpan dalam ruang terbuka.



Sangat mudah bukan, sekarang bumbu masak Kamu tetap awet dan bisa digunakan untuk menu masakan yang lainnya.

1 comment:

  1. […] Artikel terkait : Bumbu masak kemasan yang aman dikonsumsi […]

    ReplyDelete