Tuesday, 28 June 2016

Alasan Mengapa Teknologi Terbaru 4G Belum Wajib untuk Dipergunakan

Di dalam komunikasi mobile, konektivitas jaringan seperti 4G memang menjadi topik yang sering di dengungkan dalam tempo setahun belakangan ini. Di tahun 2014 yang lalu, teknologi terbaru ini muncul serta diperkenalkan sebagai sebuah jaringan data yang ada di Indonesia. Salah satu keuntungan yang diberikan oleh 4G ini ialah kecepatan dan stabilitas koneksi yang dapat menarik minat masyarakat di Indonesia. Masuk di tahun 2015, teknologi ini menjadi sebuah teknologi baru, namun sudah maksimalkan perangkat yang berada di Indonesia?



Sebenarnya, alasan mengapa pengguna yang berada di Indonesia belum tepat untuk mengadopsi layanan 4G ini dikarenakan banyak wilayah yang belum menjangkau jaringan generasi ini. Sekarang ini dapat di bilang jika teknologi dari jaringan 4G masih berada di tahap pengembangan. Wilayah seperti Jakarta mungkin dapat dengan bebas merasakan layanan ini, walaupun tidak semua wilayah. Namun, bagaimana untuk wilayah yang berada di luar Jakarta? tidak semua wilayah dapat menggunakan teknologi ini, ada wilayah yang hanya dapat menggunakan sinyal 3G bahkan ada yang masih menggunakan jaringan 2G. Masalahnya ialah pembangunan jaringan memang menjadi sebuah kendala utama untuk hal ini sehingga tidak dapat merangkul seluruh wilayah yang berada di Indonesia.



Alasan kedua ialah teknologi terbaru ini belum di dukung oleh seluruh provider komunikasi. Alasan ini memang tepat, seperti yang Anda ketahui jaringan 4G untuk sekarang ini belum sepenuhnya di dukung oleh semua provider, hanya provider tertentu saja yang menggunakannya. Beberapa provider yang menggunakan jaringan ini seperti Bolt, Smartphone, Indosat, XL. Itu pun hanya untuk wilayah tertentu saja. Sehingga jika ingin meningkatkan layanan dari 4G, harus menggunakan kerja keras.



Ketiga ialah belum adanya kesiapan mental dari para pengguna. Mungkin 2 alasan yang berada di atas masih dapat untuk di upayakan, namun bagaimana untuk alasan ini? mungkin Anda mendengarnya terasa aneh, namun inilah nyatanya. Teknologi 4G harus benar-benar diperhatikan. Jaringan ini memberikan penawaran akses data yang begitu tinggi di suatu sisi hal tersebut dapat memberi berbagai macam keuntungan, namun bila kurang cermat menggunakan malah dapat menjadi sebuah kerugian. Nyatanya, karena pengguna lebih terbiasa menggunakan perangkat yang begitu lamban, ketika mereka beralih menggunakan 4G, mereka malah kalap dan ketagihan untuk mengakses berbagai macam situs. Di sini, semakin lama akan menjadi semakin boros dan menghabiskan banyak biaya. Oleh karena itu harus diupayakan kesiapan mental.



Selain itu mahalnya harga kuota untuk jaringan 4G juga harus dipertimbangkan. Perlu Anda ketahui, biaya paket data internet yang berada di Indonesia sebenarnya cukup mahal, terlebih jika menengok pelayanan yang masih terbatas. Ketika menggunakan smartphone yang memiliki fasilitas 4G, harga paket yang mereka tawarkan terbilang begitu tinggi. Sebenarnya paket serta penawaran yang diberi oleh setiap provider sangatlah beragam, namun sering terjadi keluhan dikarenakan terdapat biaya lain yang membebani konsumen.



Seperti yang sering diceritakan, smartphone ini merupakan teknologi terbaru yang seperti candu. Teknologi ini juga cukup mengkhawatirkan, bila nantinya penerapan dari 4G tidak imbang dengan pendidikan serta arahan yang berasal dari orang tua, tentu saja masalah teknologi menjadi sebuah masalah yang cukup membahayakan untuk para generasi muda. Jika teknologi tersebut di imbangi dengan pendidikan dan arahan yang disiplin, tentu saja hal ini dapat mencetak generasi muda yang begitu sukses.


 

0 comments:

Post a Comment