Tuesday, 16 August 2016

Memilih Peralatan Dapur yang Berkualitas dan Aman Digunakan

Perabotan dapur tercover dalam seperangkat kerja yang nantinya dimanfaatkan untuk mengolah menu masakan di setiap harinya. Meskipun perlengkapan dapur ini memiliki peran dan fungsi yang sama, akan tetapi keperluan antara satu rumah dan rumah lainnya tidaklah sama. Sisi perbedaan ini pun mewarnai opsi atas pemilihan perabotan berdasarkan bahan, fungsi, sisi kinerja dan lain-lainnya. Tiap-tiap perangkat dapur bersangkutan dapat dioptimalkan dengan kinerja pilihan. Sehingga suatu perabotan bisa bersifat biasa-biasa saja hingga yang paling prioritas. Adapun demikian, untuk memaksimalkan pilihan tersebut, terdapat tips memilih peralatan dapur yang wajib diketahui guna memperoleh opsi yang tepat, sehat dan juga berkualitas.


Di lihat dari seperangkatnya, perlengkapan dapur tidaklah hanya satu maupun dua saja, tetapi ada lebih. Antara satu dan lainnya pun difungsikan dengan sendirinya dan akan lebih optimal lagi bilamana dalam pemilihan perabotan dapur ini dengan treatment berikut:




  • Pilih jenis perabotan yang paling pokok dan memang diperlukan.

  • Perhatikan terlebih dahulu seperti apakah bahan dasar dari peralatan tersebut, seperti dari stainless steel, alumunium, tembaga, plastik dll.

  • Ketahui tata cara dalam perawatannya, yang mudah termasuk pada tipe bongkar pasang, bentuk yang simple, dll.

  • Pastikan bahwa fungsi yang dihasilkan optimal dan nyaman.

  • Pilih tipe perabotan yang berstandard SNI.


Artikel Lainnya : Lakukan ini agar sayuran bertahan lebih lama


Selain dalam pemilihan secara general tersebut, terdapat opsi yang lebih spesifik. Seperti halnya pada pertimbangan untuk memilih perabotan dari segi bahan, yang mana komposisi pokok ini memiliki kinerja masing-masing. Beda bahan yang akan mempengaruhi kinerja pula, terlebih memang diperlukan pilih-pilih agar kinerja memasak lebih optimal. Adapun macam-macam bahan bersangkutan seperti:




  • Alumunium

  • Stainless steel


Bagian dari tips memilih peralatan dapur tersebut memang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Seperti halnya dalam pemilihan bahan alumunium yang mempunyai beberapa karakteristik seperti cepat menghantarkan panas, cepat mudah tergores, harga relatif lebih murah dan lainnya. Seperti contohnya ialah panci, teko, wajan, alat penanak nasi dan lainnya. Untuk pemilihan perabotan dengan bahan alumunium ini, dapat dimulai dengan:




  • Perhatikan ketebalan dari produk bersangkutan atau hindari yang terlalu tipis.

  • Pastikan berat yang pas agar tidak terlalu memberatkan saat akan digunakan.

  • Perhatikan desainnya perangkat tersebut guna menghindari tipe yang cenderung ada sisi tajamnya.


Bahan stainless steel adalah komposisi perangkat memasak yang terbilang paling bagus, karena bahan ini tak memicu adanya karat, tak memicu adanya reaksi makanan dengan perangkat dan lain-lainnya. sebagai contohnya ialah sendok sayur, pisau, panci presto, kompor dan lainnya. Untuk memilih produk stainless, terdapat pula hal-hal yang wajib Anda ketahui:




  • Pastikan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Perhatikan desain perabot tersebut untuk lebih memudahkan penggunaan sekaligus perawatannya.

  • Perhatikan segi kekokohnnya, sehingga lebih tangguh.

  • Pertimbangan segi harga yang umumnya terbilang mahal.


Memilih dan memastikan adanya produk pilihan untuk keperluan dapur memang penting, entah itu dari segi fungsi, kesesuaian, kualitas dan opsi lainnya. Begitu pula dengan bahan plastik yang menjadi salah satu perangkat dapur. Bahan ini cenderung lebih murah, menarik karena varian bentuk dan warna serta lainnya. Seperti contohnya tempat penanak nasi, centong, baskom plastik, solet, rantang plastik dan lainnya. Guna memaksimalkan pemilihan tersebut, terdapat tips memilih peralatan dapur yang khususnya dari bahan plastik, antara lain ialah:




  • Ukuran yang pas.

  • Bahan yang kokoh.

  • Kualitas plastik yang bagus jadinya tak cepat mengelupas.

1 comment:

  1. Untuk suatu usaha kuliner, peralatan dapur yang digunakan sangat menentukan bagaimana kualitas makanan serta pelayanan anda. tips yang diberikan sudah sangat tepat. yang terpenting ketahui dahulu bahan peralatan dapur tersebut dan cocok atau tidak untuk usaha atau jenis makanan yang ingin anda buat.

    saya juga ingin ijin sedikit share info jika ingin membuat suatu usaha kuliner dan membutuhkan suatu peralatan dapur yang profesional untuk usaha anda. anda dapat mengunjungi link http://www.gastro.co.id/ karena gastro merupakan salah satu supplier peralatan dapur yang berkualitas. siapa tahu dapat membantu usaha anda. terimakasih

    ReplyDelete