Tuesday, 13 September 2016

Mensiasati Berat Badan Berlebih dengan Diet Mayo

Dewasa ini sudah banyak metode—metode yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan berlebih, salah satunya adalah dengan metode diet Mayo. Diet yang pertama kali diperkenalkan oleh MayoClinic.org ini sudah diterapkan dan dibuktikan keampuhannya oleh banyak orang. Metode diet ini merupakan salah satu solusi ideal untuk menurunkan berat badan berlebih dalam jangka waktu yang singkat.


salad

Tips untuk Melakukan Diet Mayo dengan Tepat


Diet Mayo mampu menurunkan berat badan sebanyak 7 kg sampai 13 kg hanya dalam kurun waktu 2 minggu. Bahkan seorang wanita bernama Beverly telah berhasil menurunkan berat badan sebanyak 20,5 kg dengan program diet ini. Diet ini dilakukan dengan mengatur keseimbangan menu makanan dengan tepat selama 14 hari tanpa terlewati. Metode diet sehat yang ditawarkan oleh Mayo Clinic terdiri dari dua fasa yakni fasa ‘Lose It’ dan fasa ‘Live It’.




  • Fasa ‘Lose It’


Fasa ‘Lose It’ merupakan tahap pertama yang dilakukan selama 2 minggu dengan menjalankan 5 kebiasaan sehat dan meninggalkan 5 kebiasaan buruk. 5 kebiasaan sehat ini antara lain adalah sarapan sehat, mengkonsumsi gandum, memakan sayur dan buah, memakai minyak sehat seperti minyak zaitun, dan melakukan olahraga teratur selama 30 menit dalam sehari. 5 kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan meliputi menghindari konsumsi gula, menghindari makanan fast food, menghindari menonton TV sambil makan, menjaga pola makan daging, dan tidak memakan camilan kecuali buah dan sayur.




  • Fasa ‘Live It’


Tahap lanjutan setelah 2 minggu program diet ini adalah fasa ‘Live It’ yang merupakan komiten jangka panjang dari kebiasaan sehat selepas fasa ‘Lose It’. Dalam fasa ini, yang perlu dilakukan adalah mempelajari porsi makan, memilih makanan yang sehat, dan merencanakan pilihan menu diet dan menetapkan kebiasaan sehat. Walaupun fasa ini tidak seketat fasa ‘Lose It’, tetapi melakukan olahraga secara rutin harus tetap dilaksanakan sebagai bentuk utama dari gaya hidup yang sehat.





Artikel lainnya : Pilihan buah dan sayuran diet detox




Setelah memahami tahapan—tahapan fasa dari metode diet ini, berikutnya akan dibahas mengenai kunci—kunci penting dari diet sehat. Berikut adalah kunci dan kiat—kiat untuk menjalani program diet dari Mayo Clinic dengan tepat.





  1. Hindari Makanan yang Mengandung Garam


Garam—garam yang ada di dalam tubuh dapat memicu peningkatan kadar air dalam tubuh. Kadar air dalam tubuh ini dapat menjadi salah satu penyebab daripada berat badan berlebih. Dengan membatasi atau tidak mengkonsumsi garam, air yang dikonsumsi tidak akan tertimbun di dalam tubuh.





  1. Perbanyak Konsumsi Air Mineral


Metode diet ini menyarankan untuk mengkonsumsi air mineral sebanyak minimal 2 liter atau 8 gelas sehari. Hal ini dikarenakan dengan mengkonsumsi banyak air, garam—garam di dalam tubuh dapat dikeluarkan melalui urin dan juga feses.





  1. Mengkonsumsi Daging dengan Tepat


Konsumsi daging tidak dilarang dalam metode diet ini, akan tetapi harus dikonsumsi dengan tepat. Diet ini menyarankan untuk mengkonsumsi daging dengan minyak jagung (danish butter).





  1. Melibatkan Sayuran dan Buah dalam Program Diet


Sayuran dan buah yang akan dikonsumsi sebaiknya tidak dimasak dan tidak dicampurkan dengan garam atau zat asin lainnya. Sayuran dan buah dapat dikonsumsi dalam bentuk salad mentah ataupun direbus dalam kurun waktu singkat.





  1. Jadwal Makan Teratur


Selain pilihan menu, keteraturan jadwal makan merupakan kunci penting dalam metode diet ini. Atur jam makan dengan baik, salah satunya dengan menghindari makan berat pada saat sarapan, dan hindari makan di atas jam 18.00.


Demikian tips—tips mengenai diet Mayo yang dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Namun, hal terpenting yang perlu diingat adalah menjadikan diet ini sebagai awal dari membentuk gaya hidup yang lebih baik dan sehat.

0 comments:

Post a Comment