Tuesday, 27 September 2016

Tips Otomotif yang Patut Dicoba Sebelum Kamu Mudik

Semua orang pasti bersuka cita untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Semua orang ingin segera bertemu dengan orang tua dan sanak saudara. Bagi Kamu yang telah merantau jauh dari rumah, tidak afdol rasanya jika tidak mudik ke kampung halaman saat Hari Raya. banyak orang yang mudik ke kampung halaman menggunakan transportasi pribadi ataupun transportasi umum. Namun alangkah lebih baik dan asyiknya, jika menuju kampung halaman menggunakan kendaraan pribadi. Kendaraan pribadi yang aman digunakan saat mudik adalah mobil. Karena motor tidak memiliki pengaman, dan jika terjatuh pengendara akan terluka. Maka alangkah lebih baiknya menggunakan mobil, karena tips otomotif berkendara jauh tak menyarankan menggunakan motor.



Pergi ke kampung halaman pasti rasanya ingin dinikmati bersama keluarga tercinta Kamu. Saat pulang menuju perjalanan ke rumah kelahiran Kamu, pasti lebih mengasyikkan jika dihabiskan di jalan dan sembari berhenti sesekali waktu untuk menikmati jajanan khas beberapa daerah. Seperti daerah Ambarawa yang khas akan serabi kuahnya, seperti daerah Bandung yang khas akan tape peyemnya. Sehingga mudik menggunakan mobil adalah hal yang sangat menyenangkan.



Namun yang perlu diingat, berkendara sendiri berarti Kamu dihadapkan untuk lebih waspada dan bertanggung jawab penuh. Pasalnya karena jarak jauh yang ditempuh, maka Kamu tidak boleh menyetir jika memang yang bisa menyetir di keluarga hanyalah diri Kamu sendiri. Dan juga dengan berbagai masalah otomotif yang perlu diwaspadai sebelumnya. Disini ada tips otomotif untuk berkendara jauh saat musim mudik datang. Diantaranya adalah:





  • Memeriksa segala mesin, rem, oli, dan komponen mobil


Sudah sepatutnya bagi pengemudi mobil perlu memeriksa kondisi mobil sebelum digunakan. Tak lucu rasanya jika Kamu sedang berada di kawasan hutan ditengah malam, dan mobil Kamu mogok entah begitu saja. Pastinya Kamu bingung harus berbuat apa bukan? Untuk itu periksa sedini mungkin. Dimulai dari cara kerja rem, oli yang masih bagus dan tidak bocor, mesin yang siap pakai, aki yang tidak mati, ban yang tidak bocor atau tidak kempes, dan komponen-komponen mobil lainnya.





  • Mengisi mobil dengan bahan bakar


Memang dapat dipastikan bahwa ketika Kamu mudik, di perjalanan akan menemukan pom bensin. Namun kita tidak tahu jarak pom tersebut dekat atau tidak. Terdapat suatu kemungkinan jika Kamu terjebak macet berjam-jam dan bensin mobil Kamu sudah mendekati sinyal bensin habis. Ini adalah pertkamu yang buruk. Untuk itu sebelum Kamu pergi ke suatu daerah, sebaiknya isilah bensin hingga cukup. Jangan sampai full karena dapat memperburuk kondisi mesin.





Artikel terkait : Tips modifikasi mobil yang murah dan nyaman






  • Bawalah ban cadangan


Karena ban cadangan adalah hal yang sangat penting, maka Kamu harus membawanya. Mengapa demikian kita tidak tahu kapan dan dimana ban mobil Kamu dapat bocor karena terkena benda runcing dan tajam di jalan. Apabila hal tersebut terjadi di waktu tengah malam, tentu hal tersebut membuang-buang waktu Kamu. Bagaimana tidak? Kamu yang bisa sampai dalam waktu 1 jam lagi, namun karena Kamu ingin menunggu bengkel yang buka. Kamu memerlukan waktu 5 hingga 6 jam.





  • Bawalah perlengkapan otomotif


Beberapa hal bisa terjadi dengan mobil kita. Entah sedang rewel atau sedang tak jelas, mobil perlu diperiksa dan dibenarkan beberapa komponennya. Untuk membuat fungsi pembetulan komponen berjalan dengan baik. Alangkah bagusnya jika Kamu membawa perlengkapan otomotif seperti dongkrak, mur, tang, dan hal lain sebagainya. Tips otomotif satu ini memang sudah bukan rahasia umum lagi.


 

0 comments:

Post a Comment