Tuesday, 11 October 2016

4 Cara Perawatan untuk Menjaga Barang Elektronik Lebih Awet

Keberadaan barang elektronik dalam kehidupan Kita memang menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Keberadaannya menjadikan segala kebutuhan bisa segera terpenuhi sekaligus memudahkan pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan. Dilihat dari segi manfaat ini sudah tentu semua orang memerlukan produk elektronik terutama yang berfungsi sangat vital. Mencari produk elektronik khas rumah tangga sekarang pun semakin mudah sebab banyak toko elektronik bisa dikunjungi, baik online ataupun secara langsung.



Bijak dalam Memilih Produk Elektronik


 


Menyediakan beberapa jenis produk elektronik dianjurkan untuk selalu menyesuaikan dengan kebutuhan. Sebab bagaimanapun juga produk-produk jenis ini tidaklah murah belum lagi jenis yang dibutuhkan dalam satu rumah cukup lumayan. Maka dianjurkan untuk menyesuaikan kebutuhan kemudian memilih produk elektronik yang sekiranya memiliki harga mudah dijangkau. Asalkan dirawat dan digunakan sesuai dengan prosedur maka produk tersebut akan awet dan tidak mudah rusak.



Bagaimana Merawat Produk Elektronik Rumahan?


 


Ada kalanya Kita ingin melengkapi koleksi produk elektronik dari merk terkenal yang biasanya lebih kuat, dan hasilnya pun lebih maksimal. Namun, tidak semua kualitas ditentukan harga boleh jadi penggunaan dan perawatan yang salah membuatnya berumur pendek. Selain memikirkan penyediaannya Kita selaku pemilik dan pengguna juga perlu memikirkan kiat perawatan setiap produk elektronik yang sudah dibeli dan digunakan. Meski sepele ternyata bisa membuatnya tahan lama, berikut tindakan perawatan yang sebaiknya dilakukan:





  1. Disimpan dengan cara tepat,


Disimpan ini berlaku untuk semua produk elektronik di rumah, mulai dari penyimpanan untuk elektronik berukuran kecil dan jarang digunakan. Sampai barang elektronik yang berukuran besar dan penyimpanan sekaligus menjadi tempatnya diletakan. Usahakan setiap produk elektronik diletakan di tempat yang tidak akan terpapar oleh sinar matahari langsung. Sebab paparan ini akan merusak komponen elektronik di dalamnya sehingga membuatnya cepat rusak. Pastikan pula tempatnya diletakan selalu bersih.





  1. Pemakaian secara efisien,


Apapun merk dan jenis produk elektronik yang dimiliki perlu digunakan seefisien mungkin, yakni dinyalakan ketika memang dibutuhkan. Ketika pun dimatikan Kita tidak perlu memasangnya pada stop kontak, kecuali untuk elektronik yang wajib menyala terus. Sebut saja seperti kulkas, sebab kulkas justru akan mudah rusak jika sering dinyala-matikan. Pemakaian secara efisien ini selain membuat peralatan elektronik tahan lama juga menghemat tagihan listrik. Bayangkan saja berapa tagihan yang perlu dibayar jika tidak dipakai secara tepat.





  1. Selalu dijaga kebersihannya,


Setiap perlengkapan rumah tangga yang membutuhkan energi listrik juga perlu dibersihkan secara teratur. Tumpukan debu akan mudah masuk ke komponen di bagian dalam dan menimbulkan kerak sehingga lama-lama mesin di dalamnya akan rusak. Selain itu beberapa peralatan juga menjadi kurang nyaman digunakan, misal tampilan layar televisi menjadi buram karena layarnya berdebu. Selain membuat elektronik lebih tahan lama juga menjadikannya terlihat bersih dan terawat, kesan rumah seat pun akan bisa diciptakan.





  1. Perbaiki kerusakan pada ahlinya,


Ada kalanya mesin pada perabot elektronik akan mengalami kerusakan dan apabila masih bisa diperbaiki tentu lebih hemat. Jika dibandingkan harus membeli yang baru sehingga perlu teliti memilih tempat service. Apabila dekat dengan service center untuk merk elektronik tertentu sebaiknya perbaikan dilakukan disana, meski lebih mahal namun dijamin proses perbaikannya terpercaya dan hasilnya lebih memuaskan. Jika tidak, pertimbangkan mencari tukang service barang elektronik yang bisa dipercaya dan biaya jasanya tidak terlalu mahal.

0 comments:

Post a Comment