Monday, 10 October 2016

Aneka Bumbu Makanan Yang Bisa Kamu Temukan Di Indonesia

Seperti yang Kita tahu, aneka macam menu masakan di Indonesia sangatlah beragam dan berbeda-beda di setiap daerahnya. Setiap masakan memiliki cita rasa yang menggugah selera. Rasa yang manis, asin, pedas, asam dan gurih dihasilkan dari aneka bumbu rempah yang menyatu menjadi satu kesatuan. Bumbu-bumbu makanan yang ada di Indonesia perlu Anda pelajari keanekaragamannya. Hal ini ditujukan supaya masakan yang Anda buat di rumah akan semakin istimewa, aromanya menggoda, warnanya memikat dan rasanya nikmat. Berikut ini beberapa jenis bumbu dan rempah yang sering digunakan untuk aneka masakan asli Indonesia yang dibedakan menjadi beberapa golongan, antara lain:





  • Golongan bumbu basah


Bumbu basah biasanya berpengaruh kuat terhadap cita rasa, warna dan aroma masakan. Bumbu basah terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, bawang daun, cabai merah dan lain sebagainya. Setiap menu masakan semakin terasa lezat bila komposisi bumbu basah ditakar sedemikian rupa. Masakan juga akan semakin beraroma dan menggugah selera apabila bumbu basah yang digunakan diiris atau dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan sehingga aromanya semakin keluar.





  • Golongan bumbu kering


Selain ada bumbu basah, ada juga bumbu-bumbu rempah kering yang jenisnya bubuk dan sangat efektif untuk memperkuat rasa dan aroma masakan. Bumbu kering terdiri dari ketumbar, lada atau merica, pala, kayu manis, cengkeh, kemiri, kapulaga, pekak, wijen, jintan dan lain-lain. Rempah-rempah tersebut sangat khas dan memiliki ciri atau kegunaan yang berbeda-beda. Karena banyaknya rempah dalam sebuah masakan, tentu saja cita rasa makanan yang dihasilkanpun akan semakin menggoda.





Artikel lainnya : Masakan tradisional khas Bali yang layak kamu coba






  • Golongan bumbu buatan


Bumbu buatan adalah bumbu yang diperoleh dari hasil buatan atau olahan manusia, terdiri dari berbagai jenis bahan dasar, bukan diambil langsung dari tumbuh-tumbuhan atau mengandalkan hasil alam secara mentah-mentah. Bumbu buatan diperoleh dari berbagai bahan, baik alami maupun buatan yang diproses sedemikian rupa. Contoh bumbu buatan yang biasa digunakan dalam membuat menu-menu masakan asli Indonesia antara lain cuka, garam, gula, terasi, kecap, saus, esens atau perasa dan lain sebagainya. Adanya bumbu buatan semakin memperkaya cita rasa masakan yang menggugah selera.


Itulah beberapa jenis dan golongan bumbu yang biasa digunakan dalam berbagai menu resep makanan dan masakan di Indonesia. Masing-masing bahan berpengaruh dalam menciptakan aroma, rasa dan warna pada setiap masakan. Makanan yang diperkaya dengan aneka macam bumbu dan rempah akan semakin terasa nikmat. Bahkan kini membuat masakan yang lezat bisa dilakukan dengan cara yang lebih mudah, karena beberapa produk bumbu masakan tersedia secara instan dan siap pakai sesuai jenis masakan yang Anda inginkan, mulai dari bumbu rendang, bumbu sop, bumbu nasi goreng, bumbu ayam goreng dan lain sebagainya.

1 comment:

  1. […] sapi yang benar. Berikut cara memilih daging sapi yang masih baik dan segar untuk menciptakan bumbu rendang yang […]

    ReplyDelete