Tuesday, 4 October 2016

Tips Berbisnis Konveksi dengan Modal Minim

Bisnis konveksi merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Sebab bisnis yang satu ini memproduksi pakaian yang dibutuhkan sehari-hari. Bisnis konveksi bisa dikerjakan oleh siapa saja terutama oleh ibu rumah tangga. Selain bisa dijadikan sebagai penghasilan utama, bisnis konveksi bisa juga dijadikan sebagai penghasilan sampingan. Bisnis konveksi juga menjadi bisnis ringan yang bisa dikerjakan dengan waktu fleksibel. Nah, bagi yang tertarik dengan bisnis konveksi ini ada tips bisnis yang harus Anda ikuti supaya bisa berkembang. Apa sajakah itu?



Merencanakan



Langkah pertama sebelum memulai sebuah bisnis tentu saja dengan perencanaan yang matang. Sehingga bisa menghindari resiko penyebab kegagalan bisnis. Perencanaan tentu saja meliputi tempat usaha, perangkat pendukung, dan sebagainya. Perencanaan bisnis konveksi juga erat kaitannya dengan modal. Karena tanpa modal tentu saja bisnis ini tidak akan berjalan. Modal yang Anda miliki biasanya digunakan untuk membeli beberapa bahan. Antara lain:





  • Mesin jahit khusus konveksi.

  • Mesin bordir.

  • Mesin wolsum.



Untuk membeli mesin tersebut dalam keadaan baru mungkin akan mahal. Jadi disarankan untuk membeli yang bekas saja tapi kondisinya masih bagus.



Supplier



Pemilihan supplier juga penting sekali untuk Anda perhatikan. Supplier adalah salah satu kunci keberhasilan bisnis konveksi Anda. Tips memilih supplier kain untuk usaha konveksi adalah seperti berikut:





  • Pilih yang menawarkan harga murah sehingga bisa meminimalisir ongkos produksi.

  • Selain murah, pilih supplier yang memberikan bahan bagus dan berkualitas. Sehingga tidak membuat konsumen Anda kecewa.

  • Cari supplier yang menawarkan produk paling lengkap. Jadi segala jenis kain yang Anda butuhkan bisa didapatkan dalam satu tempat saja.

  • Mencari supplier yang lokasinya dekat dengan tempat Anda adalah pilihan tepat. Semakin dekat lokasinya tentu meminimalisir biaya ongkos pengiriman.

  • Jangan memilih supplier secara online karena akan memakan waktu lama untuk pengiriman.



Desain



Sebagai pengusaha konveksi tentu Anda harus pandai dalam mendesain pakaian. Karena konsumen akan menyukai produk Anda berdasarkan model. Untuk itulah sangat penting sekali bagi pengusaha konveksi untuk update informasi seputar fashion. Update informasi seputar fashion bisa dilakukan lewat internet ataupun lewat majalah. Semakin bagus pakaian yang Anda buat tentu saja semakin dilirik oleh konsumen. Bila sudah seperti ini tentu peluang menjadi sukses akan terbuka semakin lebar. Perlu Anda ketahui saja, desain juga menjadi tips bisnis utama yang bisa menjadi penentu keberhasilan.



Pemasaran



Sebuah produk konveksi akan laris terjual jika pengusaha pandai dalam memasarkan. Pemasaran produk konveksi bisa dilakukan dengan dua cara yakni online ataupun offline. Untuk cara online mungkin Anda bisa memasarkan lewat website. Sedangkan untuk offline mungkin bisa dilakukan dengan memajang hasil konveksi di toko. Mencari relasi seperti toko ataupun agen baju juga pilihan yang tepat. Sebab dengan cara tersebut bisnis Anda bisa lebih cepat dikenal dan berkembang. Untuk mencari relasi tentu saja Anda harus memberikan proposal kepada calon partner.





Artikel bisnis lainnya : Keuntungan menjalani bisnis buku dari rumah




Dengan memperhatikan beberapa tips bisnis diatas mungkin bisa membantu bisnis Anda lebih berkembang. Namun tips diatas tentu saja tidak akan berlaku jika Anda tidak segera memulai action mulai dari sekarang ini. Apalagi bisnis ini termasuk membutuhkan modal kecil namun bisa memberikan hasil yang lumayan besar. Sumber modal usaha konveksi ini bisa Anda dapatkan dari tabungan ataupun pinjaman khusus usaha kecil. Demikian tips usaha konveksi ini dan semoga Anda sukses mencoba.

0 comments:

Post a Comment