Sunday, 6 November 2016

Jenis Bisnis Menjanjikan di Tempat Wisata


Mendirikan sebuah usaha ternyata bisa dilakukan dimana saja. Bisa di rumah, di kantor ataupun secara online. Tak terkecuali juga di dekat tempat wisata yang cukup populer. Mengembangkan usaha di dekat tempat wisata ternyata juga tidak buruk bahkan bisa saja memberikan keuntungan yang cukup banyak. Namun memilih jenis bisnis di dekat wisata tentu berbeda dengan memilih usaha di tempat lainnya. Butuh survei dan banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Nah, berikut ini ada beberapa contoh ragam usaha yang bisa Anda kembangkan di sekitar tempat wisata.



Bisnis kuliner



Bisnis kuliner sudah pasti laris jika dijajakan di dekat tempat wisata. Ini karena hampir semua wisatawan yang berkunjung inging menikmati makanan sambil berlibur. Kuliner yang dijajakan sebaiknya khas dari tempat wisata tersebut. Supaya laris tawarkan kuliner tersebut dengan harga terjangkau dan kualitasnya tetap terjamin. Untuk mendongkrak omzet dan keuntungan, pilihlah lokasi jual kuliner yang strategis dan dapat dilihat oleh para wisatawan. Tapi kendala bisnis kuliner di tempat wisata tetap saja ada. Misalnya saja persaingan harga dengan penjual lain.



Bisnis souvenir



Berkunjung ke tempat wisata tak lengkap rasanya jika tidak membeli souvenir. Jadi ini merupakan peluang emas yang bisa Anda manfaatkan sebaik-baiknya. Caranya adalah dengan membuka toko souvenir di sekitar tempat wisata. Contoh souvenir yang bisa dijajakan adalah gantungan kunci, kaos, dan kerajinan tangan lainnya. Agar laris tawarkan dengan harga yang tidak terlalu mahal atau sesuaikan saja dengan kualitasnya. Bisnis souvenir termasuk jenis bisnis yang tidak mengandung banyak resiko. Mengingat jika tidak terjual pada hari itu Anda bisa menawarkannya di kemudian hari.



Bisnis penginapan



Jika sebuah tempat wisata begitu indah tentu saja menghabiskan satu hari untuk berlibur tidak akan cukup. Beberapa wisatawan pastinya membutuhkan waktu lebih dari itu untuk berlibur di tempat wisata. Nah, ini peluang yang bisa Anda manfaatkan untuk mendirikan usaha penginapan. Namun untuk membangun usaha penginapan tentu ada banyak persiapan yang harus dipenuhi. Misalnya:





  • Memiliki tanah dan bangunan resmi untuk mendirikan sebuah penginapan.

  • Pastikan Anda memberikan fasilitas yang nyaman pada penginapan tersebut. Misalnya menyediakan AC, parkir yang luas dan kenyamanan lainnya.

  • Perizinan juga wajib dilakukan jika ingin mendirikan sebuah penginapan. Tanpa adanya izin dari instansi terkait, penginapan Anda tentu saja ilegal dan bisa jadi akan ditutup paksa kapan saja.



Itulah berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum membangun sebuah usaha penginapan. Bisa disimpulkan jika mendirikan usaha penginapan membutuhkan modal yang banyak.



Pemandu wisata



Bagi Anda yang memiliki modal minim untuk mendirikan usaha di sekitar tempat wisata janganlah khawatir. Karena masih ada satu jenis usaha yang bisa Anda lakukan yakni dengan menjadi pemandu wisata. Untuk menjadi pemandu wisata memang tidak membutuhkan modal berupa materil. Sebab yang dibutuhkan cukup komunikatif dan jika perlu mampu menguasai bahasa asing dengan baik.



Sama seperti dengan jenis bisnis lainnya, mengembangkan usaha di sekitar tempat wisata juga perlu pegelolaan yang tekun. Tanpa adanya ketekunan tentu usaha tersebut tidak akan berkembang. Beda halnya jika Anda tekun maka usaha tersebut akan terasa mudah dan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Bagi Anda yang bertempat tinggal di dekat kawasan wisata, mungkin sudah saatnya mengembangkan salah satu usaha yang menjanjikan ini.

0 comments:

Post a Comment