Sunday, 27 November 2016

Tips Perawatan Tubuh Wanita Pasca Melahirkan

Memiliki seorang bayi menjadi idaman bagi setiap suami istri, apalagi jika bayi lahir dengan sehat dan lengkap, pasti kebahagiaan itu akan makin sempurna. Setiap momen dari mulai kehamilan hingga kelahiran menjadi saat-saat penting yang membahagiakan. Namun setelah melahirkan, tentu wanita merasa khawatir akan perubahan tubuhnya yang menjadi gemuk. Selain kegemukan, biasanya banyak masalah lain yang juga timbul misalnya flek hitam dan juga jerawat yang bermunculan, serta rambut rontok. Tak hanya itu, selulit juga sering muncul karena elastisitas pada kulit cenderung turun. Untuk itu perawatan tubuh khusus perlu dilakukan demi mengembalikan bentuk tubuh seperti semula.


Perawatan pasca melahirkan baik normal maupun caesar harus dilakukan demi memperbaiki kondisi tubuh secara kesehatan atau estetika. Anda perlu merawat diri dengan hati-hati paling tidak pada minggu pertama setelah melahirkan karena pada waktu tersebut, rasa sakit akibat melahirkan masih terasa. Anda perlu melakukan hal berikut ini paling tidak seminggu pasca melahirkan, yaitu:




  • Usahakan cukup tidur, saat bayi tidur, Anda juga harus tidur.

  • Minta bantuan kerabat untuk mengurus keperluan rumah sementara waktu.

  • Penuhi kebutuhan cairan saat menyusui.

  • Pakailah krim khusus untuk stretch mark yang timbul.

  • Rutin berkonsultasi dengan dokter.


Itulah beberapa hal yang harus dilakukan pasca proses melahirkan. Setelah kondisi badan mulai normal dan rasa sakit mulai menghilang, Anda bisa memulai untuk perawatan tubuh demi mendapat tubuh ideal Anda kembali dengan beberapa tips berikut ini:




  • Anda bisa mengkonsumsi jamu tradisional sebagai pilihan pertama untuk mengembalikan kondisi tubuh. Umumnya jamu memakai bahan alami yang diproses sedemikian sehingga mampu mengencangkan kulit yang kendur dan selulit.

  • Aturlah pola makan Anda sehingga kebutuhan vitamin dan gizi bisa terpenuhi mengingat Anda juga harus menyusui sang bayi. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein, mineral serta vitamin lainnya. Jangan lupa perbanyak buah dan sayur demi kelancaran sistem pencernaan Anda. Mengatur pola makan juga penting demi meminimalisir resiko tubuh menjadi lebih gemuk lagi.

  • Olahraga ringan juga perlu dilakukan, misalnya senam atau yoga ringan. Dengan melakukan olahraga, tubuh Anda akan lebih cepat mengalami penurunan berat badan serta membantu tubuh lebih sehat dan kencang sehingga Anda bisa selalu tampil cantik dan menarik di mata suami.

  • Memperbanyak minum air putih juga harus dilakukan demi memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Air putih juga mampu membantu melembabkan kulit dan menghindarkan dari kulit kering dan kusam. Minumlah air minimal dua liter per harinya.

  • Memakai lulur tradisional atau masker pada wajah juga sangat bagus untuk mendukung proses penghilangan stretch mark. Dengan menggunakan lulur alami, maka Anda bisa terhindar dari resiko bahan kimia untuk jangka panjang nantinya. Lulur membantu kulit kembali elastis dan kencang dan juga mampu menyamarkan bekas-bekas selulit di beberapa bagian tubuh seperti perut dan paha.

  • Ikatlah bagian perut dengan stagen atau korset yang dapat membantu mengembalikan bentuk tubuh serta otot perut yang kendur saat proses kehamilan.


Itulah beberapa tips perawatan tubuh yang bisa Anda lakukan setelah melahirkan demi mengembalikan kekencangan tubuh seperti sebelumnya. Anda juga bisa melakukan relaksasi ke spa yang dapat membuat pikiran kembali fresh setelah bermacam prosesi melahirkan dan mengurus buah hati. Melakukan perawatan pada kaki juga diperlukan untuk mempercepat proses mengembalikan bentuk kaki ke ukuran ideal karena saat hamil, kaki cenderung membesar.


1 comment:

  1. Thx untuk infonya..mampir yuk ke http://elementmtb.com/keringat-buat-kulit-jadi-tidak-bersih-mitos-atau-fakta/

    ReplyDelete