Monday, 5 December 2016

Mengenal Berbagai Bumbu Masakan Chef Dunia

Memasak merupakan suatu hobi atau kegemaran tersendiri bagi beberapa orang, baik wanita ataupun pria. Bahkan kini banyak chef yang berasal dari kalangan pria dan tentu saja hal ini dikarenakan mereka sangat ahli dalam memilih dan juga mengetahui berbagai bumbu masakan untuk olahan masakannya. Berbagai menu olahan yang dihasilkan para chef tersebut tak hanya berasal dari satu bumbu saja tetapi juga berbagai paduan bumbu dengan komposisi yang pas sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat.

Berikut merupakan beberapa bumbu yang ada di seluruh dunia yang mana digunakan oleh para chef dalam mengolah makanan-makanan enak untuk para konsumennya.

bumbu masakan


  1. Safron

Mungkin beberapa orang belum terlalu familiar dengan jenis rempah yang satu ini, safron. Bumbu didapatkan dari tangkai putik sebuah bunga bernama Crocus Sativus. Nama lain dari bumbu yaitu Kuma-kuma. Safron ini biasanya digunakan oleh para chef sebagai bumbu dan juga pewarna makanan alami pada olahan masakan Timur Tengah yang memang dikenal akan warnanya yang pekat dan juga rasa rempah yang tinggi. Selain di wilayah Timur Tengah, safron ini juga digunakan sebagai bumbu di beberapa wilayah Eropa. Satu hal yang hanya dimiliki oleh safron ini adalah harganya yang sangat fantastis. Bumbu ini dikenal sebagai bumbu paling mahal di dunia dan dijual dengan harga yang sangat tinggi.



  1. Madu

Bagi Anda yang menyukai bumbu manis ini pasti akan langsung menyerbu berbagai makanan olahan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan utamanya. Para chef biasanya akan menambahkan beberapa tetes madu pada berbagai menu makanannya, baik itu tumisan, rebusan ataupun yang di panggang agar mendapatkan komposisi rasa masakan yang lezat dan memanjakan lidah para konsumennya. Jika Anda gemar menyantap pancake untuk sarapan, maka pastikan menambahkan madu pada saat Anda menyantapnya.



  1. Pasta tomat

Bagi beberapa negara di Eropa, terutama di Italia para chef menggunakan bumbu pasta tomat ini untuk campuran pada masakan yang dibuatnya. Italia yang dikenal dengan pizza, spaghetti dan beberapa makanan lainnya ini tentu saja membuat makanan tersebut dengan mencampurkan pasta tomat yang pastinya menambah cita rasa dari makanan tersebut. Juga salah satu chef terbaik di Italia mengatakan bahwa restoran-restoran kelas dunia harus menyediakan pasta apel untuk campuran bumbu masakan yang akan menciptakan cita rasa yang lebih segar dan enak.



  1. Garam

Penggunaan garam ini hampir ada di seluruh dapur di dunia. Anda dapat menambahkan beberapa taburan garam pada masakan Anda untuk mendapatkan rasa masakan yang gurih dan pas sesuai selera Anda, sehingga masakan Anda tidak terasa hambar. Bahkan di Indonesia sendiri beberapa orang berpendapat bahwa semua masakan tidak akan terasa lezat tanpa adanya penambahan garam saat memasaknya.



  1. Cuka apel

Beberapa bahan makanan yang memiliki rasa pahit seperti sawi dan kol yang ada di Virginia, membuat salah satu chef disana menggunakan cuka apel untuk menetralisir rasa pahit dari bahan makanan tersebut sehingga tetap menghasilkan rasa masakan yang lezat dan juga sesuai dengan lidah konsumen.





Menggunakan bumbu masakan sebenarnya tergantung selera Anda dalam menentukan jenis makanan yang akan Anda santap. Serta komposisi dengan bahan makanan lainnya juga perlu diperhatikan agar mendapatkan cita rasa yang nikmat dan juga menjadi masakan andalan Anda. Para chef pun menggunakan beberapa bumbu diatas sebagai bumbu-bumbu rahasia saat menyajikan berbagai makanan olahan untuk para pelanggannya.

0 comments:

Post a Comment