Monday, 12 December 2016

Perkembangan Bayi pada Usia Hingga 1 Tahun

Setiap orang yang terlahir tidak dapat langsung melakukan sesuatu karena harus melewati berbagai tahap perkembangan termasuk untuk bayi. Bayi memiliki perkembangan yang bertahap terutama untuk bayi dengan usia di bawah 1 tahun. Perkembangan bayi tergantung dari makanan yang dikonsumsi, lingkungan serta faktor lainnya seperti kesehatan dari bayi tersebut. Pada usia 0 hingga 12 tahun, bayi mengalami perkembangan tidak hanya psikis namun juga motorik.

perkembangan bayi


Di usia 1 bulan, bayi akan mulai untuk menggerakkan kepalanya dari sisi kiri ke kanan ataupun sebaliknya pada saat dalam posisi tengkurap. Bayi yang berusia 1 bulan juga akan memiliki cengkeraman yang lebih kuat, mengikuti gerakan dengan mata serta menatap tangan dan jemari. Memasuki bulan ke-2, bayi akan mulai dapat menahan kepala serta leher ketika telungkup walaupun hanya dalam waktu yang singkat. Bayi juga akan mulai dapat membuka serta menutup tangan dan melakukan pukulan tanpa terarah. Ketika diajak berinteraksi, bayi sudah dapat bermain dengan jemari atau memberikan respons seperti digendong dan tersenyum ataupun mengadakan kontak mata.

Pada usia 3 bulan, bayi sudah dapat memiliki penglihatan yang lebih sempurna. Ketika Anda mencoba untuk menimbang ataupun berinteraksi dengan bayi yang berusia 3 bulan, maka bayi sudah dapat bergumam, menirukan Anda, tertawa, memekik. Pada perkembangan bayi usia 3 bulan, bayi anda sudah dapat meraih serta mengambil objek dan menggenggam nya. Bayi juga dapat meninju ataupun menghisap ibu jari. Secara fisik, leher bayi lebih kuat sehingga kepala lebih tegak ketika digendong.

Di usia bayi yang ke-4 bulan, bayi sudah dapat tertawa dengan keras dan dapat mengamati dengan akurat. Bayi dapat mengambil objek, menggenggam, menikmati bermain bersama dan dapat menangis jika permainan tersebut dihentikan. Di usia 4 bulan, bayi juga dapat menunjukkan isyarat seperti tangan yang diangkat untuk ‘gendong aku’. Tulang bayi juga lebih kuat sehingga dapat mendorong badan ke atas dengan menggunakan tangan ketika dalam posisi telungkup serta mampu untuk duduk dengan tumpuan lengan.

Di usia ke 5 bulan, bayi sudah dapat untuk berguling ke salah 1 sisi badan. Kekuatan tangan juga lebih bagus karena bayi usia 5 bulan sudah mulai dapat memindahkan objek dari 1 tangan ke tangan yang lain. Di usia ini, bayi juga akan mulai untuk menyemburkan busa misalnya saat bayi diam atau ketika sedang tertawa dan berinteraksi dengan Anda. ketika memasuki usia 6 bulan, maka bayi dapat berguling ke sisi kanan dan kiri, mulai menyebar objek yang ada di depannya atau yang menarik untuk bayi. Bayi juga akan mulai untuk berceloteh dan mampu mengenali orang yang akrab dengannya.

Perkembangan bayi usia 7-12 bulan diantaranya:

•    Usia 7 bulan: Dapat bergerak sedikit seperti merangkak, mampu merespon ekspresi emosi dari orang lain.
•    Usia 8 bulan: Sudah dapat duduk tanpa dibantu, dapat bertepuk tangan, mampu merespon kata-kata yang diucapkan, menoleh atau merespon ketika dipanggil dan dapat bermain permainan yang interaktif seperti cilukba.
•    Usia 9 bulan: Mencoba merangkak naik seperti naik ke tangga, lebih takut terhadap orang asing sehingga dapat menangis jika ikut ataupun melihat ke orang yang belum dikenalnya.
•    Usia 10 bulan: Mulai dapat mengurutkan dan menyusun mainan, belajar isyarat bye-bye, belajar untuk berdiri.
•    Usia 11 bulan: Mulai belajar memanggil mama papa atau dada, lebih penasaran terhadap barang disekitarnya.
•    Usia 1 tahun: Belajar berjalan, mengucapkan beberapa kata.

0 comments:

Post a Comment