Thursday, 26 October 2017

Tips Menjalankan Ide Usaha Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Di kota besar seperti Jakarta, sudah pasti kebutuhan yang tidak dapat dielakkan adalah pembantu rumah tangga, adanya kebutuhan pembantu rumah tangga ini juga begitu tinggi. Hal ini juga dipengaruhi oleh meningkatnya kesejahteraan hidup warga menengah ke atas, selain itu hal lain yang mempengaruhinya adalah semakin meningkatnya pekerjaan yang berada di luar rumah sehingga memaksa masyarakat untuk menyerahkan urusan rumah tangga ke pembantu. Tidak hanya berada di dalam negeri, di luar negeri pembantu rumah tangga juga sangat dibutuhkan. Mengapa hal ini tidak Anda jadikan sebagai ide usaha?

Permintaan pembantu akan semakin tinggi setiap tahunnya. Terdapat kecenderungan jika pembantu rumah tangga hanya bisa bertahan selama 1 tahun saja, jika sudah merasa tidak nyaman, mereka akan segera keluar, dan mencari majikan lainnya. Tidak hanya itu, saat masa lebaran, para pembantu juga akan pamit untuk pulang ke kampung halaman mereka untuk bertemu dengan sanak saudara. Sebagian besar dari PRT tersebut pasti enggan kembali ke kota untuk bekerja lagi bersama Anda.

ide usaha


Pergantian pembantu yang tinggi dan cepat ini memang menimbulkan kerepotan yang berbeda dari biasanya untuk para majikan karena mereka harus melakukan semua pekerjaannya sendiri mulai dari mencuci piring, memasak, mencuci baju hingga mengurus anak-anak. Bisa ditebak bagi orang yang tidak biasa melakukan pekerjaan tersebut pasti akan sangat berat.

Hal ini yang menjadi salah satu alasan permintaan pembantu yang tidak pernah sepi. Tentu peluang ini bisa Anda jadikan sebagai sebuah ide usaha yang sangat baik jika Anda ingin terjun ke bidang penyalur pembantu. Terlebih karena target pasar yang besar, karena sekarang ini begitu banyak pasangan suami istri yang tidak mempunyai waktu luang untuk mengurusi pekerjaan rumah mereka.

Bila Anda berminat menjalankan bisnis ini, berikut tips untuk menjalankannya, antara lain:

  • Membentuk CV atau PT. Untuk memulai bisnis ini, lebih baik Anda memperoleh legalitas hukum terlebih dulu, legalitas ini bisa didapatkan dengan membantu CV atau pun PT. Pembentukan badan usaha ini dilakukan agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, selain itu badan usaha yang resmi juga lebih diminati oleh para pencari pembantu,
  • Cari sumber daya yang benar-benar kompeten. Proses mencari sumber daya yang kompeten ini bisa Anda lakukan dengan menggunakan bantuan orang untuk mencari sumber daya di daerah tertentu. Kebanyakan orang yang ingin bekerja menjadi pembantu adalah masyarakat yang berada di pedesaan,
  • Latar belakang pencari kerja. Saat mencari calon pembantu rumah tangga, cermati asal-usul mereka dan lihat seperti apa kelakuan mereka, jika diperlukan Anda dapat meminta surat berkelakuan baik dari kantor polisi,
  • Buka kantor di tempat yang ramai. Agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar, pilih lokasi yang strategis, dan miliki bangunan kantor yang sesuai dan layak huni. Bangunan ini juga digunakan untuk para pembantu tinggal sebelum direkrut.


Berbagai macam tips pelancar ide usaha penyalur pembantu di atas bisa Anda jadikan sebagai kiat-kiat. Perlu Anda ketahui bila bisnis ini hingga sekarang masih menjadi sebuah usaha yang menjanjikan bahkan hingga beberapa tahun ke depan juga masih menjadi bisnis yang menjanjikan. Memulai bisnis ini juga tidak memerlukan modal materil yang besar, yang paling penting adalah kemauan untuk maju dan menjalankan bisnis dengan sukses. Jadi, kapan Anda memulai usaha ini?

1 comment:

  1. peluangnya bagus memang, cari sdmnya yang kadang susah maunya jadi TKW

    ReplyDelete